Langsung ke konten utama

Hargai Waktu, Permudah Hidupmu

PENTINGNYA PENGATURAN WAKTU UNTUK PELAJAR

A
pa sih, disiplin waktu itu? Disiplin waktu berarti kita ikut menghargai waktu. Menghargai waktu berarti tidak main-main dengan waktu. Banyak siswa mengeluh kehabisan waktu. Bahkan, ada beberapa siswa yang menganggap bahwa tujuh hari dalam seminggu terlalu sedikit. Perasaan itu muncul karena mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dengan waktu yang mereka miliki. Maka dari itu, diperlukanlah pengaturan waktu.

Ada banyak film dan kisah yang menceritakan perjalanan waktu. Namun di dalam dunia nyata, tidak ada mesin waktu! Waktu terus berjalan dan tidak akan dapat diputar kembali. Jika seseorang gagal berpacu dengan waktu, ia akan tertinggal. Agar tidak kalah dalam berpacu dengan waktu, yang bisa seseorang lakukan adalah mengatur waktu dan kegiatannya sehingga ia dapat memanfaatkan setiap jam, menit, dan bahkan detik dalam hidupnya dengan sebaik-baiknya.
Bagi seorang pelajar, mengatur waktu tidak berarti ia harus menghabiskan waktunya hanya untuk belajar. Seorang pelajar tetap membutuhkan waktu untuk bersosialisasi, bersantai, dan sebagainya. Prinsip utama dari pengelolaan waktu secara efektif adalah pembagian waktu untuk setiap kegiatan. Bagaimana pun juga, waktu untuk beristirahat tidak dapat diabaikan. Ini merupakan hak setiap manusia. Tubuh dan jiwa seseorang akan letih jika diforsir terus-menerus. Sama seperti baterai yang jika dipakai terus-menerus akan kehabisan daya kekuatannya.
Untuk mempermudah pengaturan kegiatan, seorang pelajar dapat menerapkan pula sistem jadwal kegiatan di sekolah untuk mengatur jadwal kegiatan di rumah. Dengan kata lain, jadwal kegiatan yang didapat dari sekolah kemudian ditambahkan dengan jadwal kegiatan pribadi di rumah (di luar sekolah).
Langkah-langkah untuk menyusun jadwal kegiatan di rumah adalah sebagai berikut.
1.       Lakukanlah survei kegiatan sehari-hari. Perhatikan pula beberapa aspek kebutuhan dalam pekerjaan tersebut, seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencuci, kapan waktu yang tepat untuk memandikan adik, seberapa sering mencabuti rumput, dan lain sebagainya.
2.       Tuliskan terlebih dahulu jadwal kegiatan yang bersifat reguler, seperti sekolah, bimbingan belajar, atau acara makan bersama keluarga setiap malam minggu.
3.       Setelah mendaftarkan kegiatan reguler, susunlah daftar kegiatan di rumah dengan mendaftarkan tugas/kewajiban di rumah.
4.       Setelah mendaftarkan seluruh tugas dan kewajiban, pilah dan masukkanlah waktu yang tepat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Dengan begitu akan terlihat pembagian waktu yang jelas antara waktu belajar, melaksanakan tugas di rumah, serta waktu luang untuk bermain dan beristirahat.
Cara terbaik untuk melaksanakan jadwal kegiatan harian adalah kombinasi fleksibilitas dan disiplin. Sering kali jadwal yang telah disusun bertabrakan dengan kegiatan mendadak yang harus Anda ikuti. Cobalah untuk  tetap berdisiplin sekaligus fleksibel dengan mengganti waktu yang hilang tersebut ke waktu lain.
Setidaknya ada 4 manfaat mengatur waktu yang akan diperoleh jika kita dijalani, yaitu:
  1. Kita dapat mengatur segala kegiatan kita dengan lebih baik.
  2. Kita menjadi lebih terorganisasi dalam melakukan kegiatan-kegiatan kita. Mislanya, kita tahu kapan kita harus belajar, kapan harus bermain, kapan harus berolahraga, kapan harus jalan-jalan, dan kapan harus beristirahat.
  3. Kita tidak harus selalu diingatkan kapan harus melakukan kegiatan kita. Kita akan terlatih melaksanankan disiplin;
  4. Melatih inisiatif dan disiplin diri.
Maka dari itu, ayo mulai atur waktu kita!

Sumber :


Komentar